Rabu, 20 Februari 2013

Peran Penelitian dalam Pengembangan Pendidikan Matematika

Penelitian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, dilakukan dengan prosedur tertentu yang bersifat sistematis dan didukung oleh suatu metodologi yang merupakan suatu pengkajian dari aturan-aturan dalam metodenya.

Sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini. Pengetahuan kita tentang aspek pembelajaran matematika dikehendaki sebagi pengetahuan yang bersifat ilmiah yaitu suatu pemahaman tentang cara bekerjanya pikiran individu siswa dalam mempelajari matematika, bagaimana memperoleh pemahaman tentang aspek pembelajaran secara arkitektural serta bagaimana seorang guru memahami adanya analogi-analogi di antara pengetahuan siswa, pengetahuan guru dan pengetahuan praktisi tentang pembelajaran matematika. Usaha tersebut dapat dicapai jika dikembangkan suatu metode ilmiah yang memenuhi sifat koherensi dan sifat korespondensi. Penjelasan mengenai fenomena yang terjadi dalam proses belajar matematika sebagai suatu deskripsi kebenaran, memerlukan langkah-langkah empiris yang bersifat rasional untuk memperoleh teori tentang kebenaran dan idealitas praktek pembelajaran matematika. Pengetahuan demikian pada akhirnya baik secara ontologis maupun secara legal formal dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pendidikan matematika (Marsigit) 

 sumber : http://powermathematics.blogspot.com/2008/11/peran-penelitian-dalam-pengembangan.html?showComment=1361308801035#c3669251088140819646


Comment :
Rachma Hanan Tiasto
11313244020
International Mathematics Education

From the article above, I agree that research is an activity to get knowledge called science. By research, a teacher can learning how to give the right lesson to the students. As in mathematics learning, teachers must be able to provide lessons that teachers convey understandable and meaningful to students. Teachers will be motivated to always be able to develop or acquire something new in the process of learning mathematics so that knowledge can be innovative and current.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar